Labels

Pengikut

bagaimana pandangan anda tentang blog ini???

Jumat, 18 Maret 2011

KONSEP PEMECAHAN PERMASALAHAN HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN PERIODE 2009/2010

I. Pendahuluan
HMJ Manajemen merupakan suatu wadah dimana tempat berkumpulnya orang-orang yang memiliki tujuan bersama. HMJ Manajemen pernah vakum pada beberapa periode yang lalu dan kemudian dirintis kembali pada kepengurusan periode 2009/2010 ini. Sehingga banyak kendala yang kami hadapi karena masih harus membangun HMJ Manajemen ini dari dasar.

Kami dari kepengurusan HMJ Manajemen merasa bahwa kendala ini bukan hanya dihadapi oleh HMJ Manajemen saja, banyak organisasi-organisasi kemahasiswaan lain yang mengalami hal yang serupa dengan apa yang dihadapi oleh HMJ Manajemen saat ini, namun sebagian dari mereka dapat menghadapi kendala-kendala tersebut. Sekarang yang menjadi pertanyaan bagi kita semua baik dalam kepengurusan HMJ Manajemen maupun di dalam anggota-anggota organisasi HMJ Manajemen, mampukah kita mengatasi berbagai macam kendala tersebut?

Jawabannya tergantung kepada kita semua, namun kami yakin dengan adanya kerjasama, tekad yang keras, niat yang baik, dan tujuan yang sama, kami yakin dan sangat percaya permasalahan-permasalahan yan menghadang tersebut dapat dihadapi bersama.








II. Permasalahan
Adapun masalah-masalah yang dihadapi oleh HMJ Manajemen dari saat mulai di rintis kembali ini yang menjadi sorotan bagi kita semua dan penting untuk segera diatasi, yaitu diantaranya :
1. Minimnya dana yan dimiliki sebagai langkah awal dalam melaksanakan langkah awal dalam melaksanakan berbagai macam kegiatan yang tertuang di dalam program kerja HMJ Manajemen.
2. pengetahuan mahasiswa yang masih sangat kurang, ketidak pedulian mereka terhadap organisasi HMJ Manajemen
3. Kurangnya pengetahuan tentang organisasi dan konsep kerja antara anggota HMJ Manajemen dan pengurus HMJ Manajemen.
4. sulitnnya melibatkan pengurus HMJ Manajemen dari tingkat atas dalam setiap rapat

III. Pemecahan Masalah
Segera mencari pokok-pokok permasalah yang harus segera diatasi, maka kami dari kepengurusan mencoba memecahkan permasalahan tersebut, namun tidak menutup kemungkinan kami untuk menerima masukan-masukan dari anggota HMJ Manajemen untuk memberikan tindakan alternatif ataupun pengkoreksian terhadap solusi yang kami tawarkan nantinya.

Adapun beberapa solusi yang kami tawarkan adalah sebagai berikut :
1. Masalah minimnya dana yang dimiliki
Berdasarkan hasil kesepakatan dari pengurus HMJ Manajemen bahwasanya kita perlu engadakan iuran sebesar Rp 5.000,00 tiap bulan per orang. Namun dikarenakan rumitnya prosedur dan dan tata cara iuran maka pengurus berinisiatif bahwa iuran ini sementara dilaksanakan hanya di dalam kepengurusan HMJ Manajemen namun kami berfikir bahwasanya iuran ini tidaklah efisien dan efektif, maka kami berencana memotong masa perintisan agar tujuan dapat tercapai dengan cepat.
Dengan system, tata cara dan pengolahan sumber dana yang baik yang digambarkan berikut ini:

Sistem, tata cara iuran dan pengelolaan
• Sistem
1. Adanya kesepakatan antara anggota HMJ Manajemen (semua mahasiswa jurusan Manajemen yang masih aktif perkuliahannya) dengan pengurus HMJ Manajemen.
2. Setelah adanya kesepakatan yang dibuat bersama, maka akan kita ajukan permohonan persetujuan kepada Ketua Jurusan Manajemen agar iuran ini dinyatakan legal. Dengan begitu bagi anggota HMJ Manajemen yang tidak mengindahkan iuran tersebut akan dijatuhkan sanksi sebagaimana yang telah disepakati bersama sebelumnya.
3. Iuran ini dilakukan tiap bulan atau tiap semester sesuai dengan kesepakatan bersama sebelumnya.
4. Bersama-sama memantau dan mengawasi aliran dana tersebut.

• Pengelolaan
1. Sumber dana yang diterima dari keanggotaan akan dimasukan ke dalam buku rekening dan dikeluarkan pada saat akan dilaksanakan suatu kegiatan.
2. Semua sumber dana dari pihak intern maupun ekstern dan kenanggtaan wajib diserahkan kepada pengurus bendahara HMJ Manajemen.
3. Sumber dana tersebut akan dikeluarkan kembali saat akan memulai suatu kegiatan dengan adanya persetujuan dari ketua jurusan HMJ Manajemen.
4. Dana yang dikeluarkan dari kas HMJ Manajemen untuk suatu kegiatan wajib untuk dikembalikan kembali ke kas HMJ Manajemen

2. Meningkatkan pengetahuan mahasiswa untuk setiap kegiatan yang dilaksanakan
• Perlunya membangkitkan kesadaran diri dari masing-masing anggota akan organisasi dan program-program yang akan dilaksanakan.
• Perlunya informasi yang terus menerus dari pengurus kepada anggota HMJ Manajemen.
• Program yang akan dilaksanakan sebaiknya bisa menjadi sorotan bagi anggota HMJ Manajemen.

3. Meningkatkan semangat kerja bersama
• Penciptaan hubungan kerja yang baik antara pengurus dan anggota organisasi.
• Bagi para anggota yang memiliki ide-ide yang bagus bagi kita semua diharapkan dapat bekerja sama dengan pengurus HMJ Manajemen.
Diharapkan bagi seluruh anggota HMJ Manajemen untuk bersama-sama mencari solusi dari semua permasalahan dan bukan mencari-cari celah kesalahan utuk menjatuhkan kepengurusan HMJ Manajemen

IV. Penutup
Demikian konsep pemecahan permasalahan yang ada dalam HMJ Manajemen, semoga permasalahan yang ada dapat menjadi tolak ukur dan penunjang untuk membuat HMJ Manajemen lebih baik di masa mendatang.

0 komentar

Posting Komentar

isi komentar yang membangun ya...