Labels

Pengikut

bagaimana pandangan anda tentang blog ini???

Sabtu, 12 Maret 2011

ACCOUNTS RECEIVABLE MANAGEMENT

Penjualan kredit dilakukan untuk meningkatkan penjualan. Peningkatan penjualan diharapkan akan meningkatkan laba. Penjualan kredit menimbulkan Piutang usaha yaitu klaim kepada pihak luar yang timbul sebagaik akibat terjadinya transaksi penjualan secara kredit.
 Di satu sisi memiliki piutang menimbulkan biaya bagi perusahaan akan tetapi disisi lain dengan memberikan kredit akan memberikan manfaat bagi perusahaan.Dengan adanya piutang maka perusahaan akan kehilanganan nilai waktu dari uang dan adanya resiko piutang tersebut tidak dilunasi. Kerugian karena piutang ragu-ragu
 Biaya pemeriksaan dan penagihan yang lebih tinggi
 Dana yang terikat dan tertanam pada piutang dagang yang menyebabkan biaya modal yang lebih tinggi
Sedangkan manfaat yang diperoleh adalah piutang akan meningkatkan daya tarik untuk mempertahankan konsumen, sehinga penjualan dan laba perusahaan dapat ditingkatkan.
Secara umum manager keuangan perusahaan dalam mengendalikan piutang usahannya dengan cara membentuk dan mengelola :
1. Persyarata Kredit yang meliputi pemilihan kredit, standar kredit dan kredit term.
2. Kebijakan penagihan.

Tujuan dari pengelolaan accounts receivable adalah menagih accounts receivable secepat mungkin tanpa kehilangan sales karena tekanan yang kuat pada saat penagihan.







Seleksi kredit melibatkan aplikasi dari teknik-teknik untuk menentukan pelanggan mana yang layak menerima krdit. Proses ini melibatkan evaluasi terhadap kelayakan kredit dan membandingkannya dengan standar kredit, yaitu persyaratan minimum untuk memperpanjang kredit kepada seorang pelanggan.

1. 5C TENTANG KREDIT
Salah satu teknik seleksi kredit yang popular adalah 5C, yang memberikan kerangka yang mendalam dalam analisis kredit. Ke-5 C tersebut adalah
1. Character (Kepribadian) : penilaian untuk memperkirakan kemungkinan pelanggan mau memenuhi kewajibannya.
2. Capacity (Kemampuan) : kemampuan pelanggan utk membayar
3. Capital (modal) : penilaian atas posisi keuangan secara umum
4. Collateral (jaminan) : penilaian atas jaminan harta atas kredit. jumlah asset pemohon yang dijadikan agunan atas kredit yang diminta. Semakin besar nilai asset yang diagunkan, maka semakin besar pula kemungkinan pemohon dapat menutup kreditnya bila gagal bayar.
5. Condition (kondisi) : penilaian atas dampak kecenderungan perekonomian secara umum, industri, maupun hal-hal khusus sehubungan dengan bisnis/transaksi yang dihadapi pemohon kredit tersebut.
Analisis 5C ini akan menghasilkan keputusan bagi pemberi kredit untuk menerima atau menolak permohonan kredit yang diajukan oleh pemohon.

2. ANALISA INFORMASI KREDIT
Perusahaan biasaya memiliki prosedur yang digunakan untuk melakukan analisa kredit yaitu analisa terhadap pengajuan kredit. Tujuan analisa kredit selain untuk menentukan kelayakan customer untuk mendapatkan kredit juga bertujuan untuk menentukan limit kredit yaitu jumlah maksimum yang boleh dipinjam untuk jangka waktu tertentu. Dalam melakukan analisa kredit maka prosedur yang dilakukan adalah dengan melakukan :
 Analisa rasio keuangan dengan penekanan rasio likuiditas, leverage dan profitabilitas
 Penilaian khusus berkaitan dengan kegiatan kredit.
 Lihat data hutang dagang di dalam neraca
 Hitung umur rata-rata hutang dagang
 Hitung periode pembayaran rata-rata
 Bandingkan periode pembayaran rata-rata aktual dengan syarat kredit apakaha ada keterlambatan atau tidak
 Bandingkan dengan industri sejenis
 Penilaian atas informasi kualitatif calon pembeli




Credit scoring adalah sebuah metode penseleksian kredit yang umum digunakan atas
Pemohon kredit dalam jumlah besar/kecil. Metode ini mempercayai credit score yang
ditentukan dengan mengaplikasikan bobot secara statistik atas karakteristik finansial dan karakteristik kredit pemohon.



Yang dimaksud dengan standar kredit adalah persyaratan minimum untuk memberikan kredit kepada seorang pelanggan. Variabel-variabel penting yang perlu dipertimbangkan dalam merelaksasi atau memperketat standard kredit adalah: sales volume, investment in accounts receivable (A/R) dan bad-debt expense.
Berikut ini tabel mengenai efek relaksasi standard kredit atas ketiga variabel di atas:
Tabel 4.1 Efek Relaksasi Standar Kredit.
----------------------------------------------------------------------------------------------------
Variabel Arah Perubahan Efekt terhadap Profit
----------------------------------------------------------------------------------------------------
Sales volume Naik Positif
Investment in A/R Naik Negatif
Bad-debt expense Naik Negatif
----------------------------------------------------------------------------------------------------
Bila standar kredit diperketat, maka arah perubahan dan efek terhadap profitnya akan
berkebalikan dari tabel di atas.

Untuk menentukan apakah standar kredit akan diperlonggar, perusahaan harus membandingkan tambahan profit contributin dari penjualan terhadap tambahan biaya yang ditimbulkan karena adanya tambahan investasi pada piutang usaha dan tambahan biaya piutang tidak tertagih. Jika profit contribution lebih besar dari marginal cost, maka standar kredit dapat diperlonggar jika sebaliknya maka standar kredit yang ada seharusnya tidak dirubah.

Contoh soal relaksasi standar kredit: lihat hal. 612 (Gitman, edisi 10).
Contoh perhitungan atas contoh soal di atas: lihat hal. 615 (Gitman, edisi 10).




Credit terms (persyaratan kredit) adalah persyaratan penjualan untuk pelanggan yang yang mendapatkan kredit dari perusahaan. Sebagai contoh syarat kredit 2/10 net 30 artinya penjual akan memberikan cash discount sebesar 2% jika tagihan dibayar dalam tempo 10 hari dari awal periode kredit, atau dapat dibayar dengan nilai penuh sesuai dengan nilai yang tertera dalam invoice dalam tempo 30 hari.

1. CASH DISCOUNT
Cash discount merupakan persyaratan kredit yang popular sebagai cara untuk mempercepat penagihan tanpa menekan pelanggan. Cash discount ini memberi insentif kepada pelanggan untuk membayar lebih cepat. Dengan percepatan penagihan, discount ini menurunkan investasi perusahaan pada accounts receivable (memang ini tujuannya), tetapi juga menurunkan profit per unit. Selain itu, pemberian cash discount juga menurunkan bad debt karena pelanggan akan mebayar lebih cepat dan hal ini juga akan meningkatkan volume penjualan karena pelanggan yang mengambil discount membayar harga lebih rendah untuk produk yang dibelinya. Selanjutnya, perusahaan yang memberikan cash discount perlu mengadakan analisis benefit-cost untuk menentukan apakah pemberian cash discount tersebut menguntungkan atau tidak.




Efek dari Peningkatan Cash Discount
----------------------------------------------------------------------------------------------------
Variabel Arah Perubahan Efekt terhadap Profit
----------------------------------------------------------------------------------------------------
Sales volume Naik Positif
Investment in A/R
Due to nondiscount
Takers paying earlier Turun Positif
Investasi pada A/R
Customer baru Naik Negatir
Bad-debt expense Turun Positif
Profit per Unit Turun Negatif
----------------------------------------------------------------------------------------------------

2. PERIODE CASH CISCOUNT
Periode cash discount adalah jumlah hari setelah awal periode kredit di mana cash discount tersedia. Periode ini dapat diubah oleh manajer keuangan. Perubahan ini misalnya memperpanjang periode cash discount, dari 2/10 net 30 menjadi 2/20 net 30. Efek dari perubahan ini yang diharapkan adalah: 1) sales akan meningkat, atau efek pada profit positif; 2) bad-debt expense akan menurun, atau efek pada profit positif; dan 3) profit per unit akan menurun karena banyaknya pelanggan yang mengambil cash discount, atau efek pada profit negatif. Manajer keuangan perlu mengevaluasi hal ini, yaitu pengaruhnya terhadap investasi pada accounts receivable. Bila perubahan yang dilakukan adalah memperpendek periode discount, maka efek yang terjadi adalah sebaliknya.

3. PERIODE KREDIT
Periode kredit adalah jumlah hari setelah awal periode kredit sampai dengan pembayaran penuh jatuh tempo. Pengubahan periode kredit dari 30 hari menjadi 45 hari akan meningkatkan sales, atau membawa efek positif bagi profit. Tetapi investasi pada accounts receivable dan bad-debt expense juga akan meningkat, sehingga keduanya membawa efek negatif bagi profit. Penurunan periode kredit tentunya akan membawa efek yang sebaliknya.
Contoh soal pengenaan cash discount dan penyelesaian soalnya: lihat hal. 617.

C. KEBIJAKAN PENAGIHAN KREDIT
Kebijakan penagihan adalah prosedur untuk mengumpulkan piutang usaha pada saat jatuh tempo. Efektifitas kebijakan penagihan dapat dievaluasi dengan melihat tingkat biaya piutang tidak tertagih yang juga dipengaruhi oleh kebijakan kredit perusahaan. Setiap tambahan biaya penagihan akan mengurangi resiko piutang tidak tertagih. Untuk mengevaluasi kebijakan kredit dan penagihan maka pendekatan yang popular digunakan adalah average collection period dan umur piutang usaha

1. AVERAGE COLLECTION PERIOD
Average collection period (ACP) adalah rata-rata jumlah hari penjualan secara kredit yang belum dibayar (outstanding). ACP mempunyai 2 komponen, yaitu: 1) waktu dari saat penjualan sampai dengan pelanggan melakukan pembayaran dengan surat, dan 2) waktu untuk menerima, memproses dan menerima pembayaran yang telah dikirim pelanggan. Rumus average collection period adalah:
Accounts receivable
Average collection period = -----------------------------
Average sales per day
Dengan mengetahui ACP, perusahaan dapat mengetahui apakah ada masalah dengan
accounts receivables atau tidak. Misalnya perusahaan memiliki credit terms net 30, maka ia berharap ACP-nya (minus waktu penerimaan, pemrosesan dan pencairan) adalah sama dengan kira-kira 30 hari. Jika realisasi ACP lebih besar dari 30 hari, maka perusahaan perlu mereview kembali pelaksanaan kreditnya. Atau, kalau ACP meningkat terus dari waktu ke waktu, maka perusahaan perlu mereview kembali pengelolaan accounts rececivable-nya.

2. AGING OF ACCOUNTS RECEIVABLE
Aging of accounts receivable adalah sebuah teknik pemantauan kredit yang menggunakan jadwal yang menunjukkan persentase terhadap total sisa accounts receivable yang masih belum dibayarkan untuk periode waktu tertentu. Tujuan teknik ini adalah untuk dapat mengetahui problemnya secara tepat. Misalnya perusahaan memiliki net 30 dengan ACP (minus penerimaan, pemrosesan dan pencairan) 50 hari, berarti ACP perusahaan tersebut terlalu tua. Bila mayoritas dari accounts adalah berumur 2 bulan, maka ini merupakan masalah bagi perusahaan, oleh karenanya perusahaan perlu mereview kembali operasi accounts receivable-nya. Jika usaha penagihan ditingkatkan maka akan mengurangi piutang usaha dan piutang tidak tertagih dan profit meningkat. Perusahaan harus berhati-hati dalam menjalankan usaha penagihan. Jika penagihan dilakukan terlalu agresif dengan menekan customer terlalu keras untuk membayar hutangnya, kemungkinan perusahaan akan ditinggalkan customernya.

Efek dari Perubahan Usaha Penagihan
----------------------------------------------------------------------------------------------------
Variabel Arah Perubahan Efekt terhadap Profit
----------------------------------------------------------------------------------------------------
Sales volume Naik Positif
Investment in A/R
Bad-debt expense Turun Positif
Biaya Penagihan Turun Negatif
----------------------------------------------------------------------------------------------------

0 komentar

Posting Komentar

isi komentar yang membangun ya...